Kimchi? How to Cook It?

Taelah, judulnya udah..Beuh! Pake engrish bro! Tapi? Yah tetep aja postnya pake B. Indo. Gak gak, gue masih sadar gak harus mengeluarkan bahasa asli gue (rd : Zamboanga)

KIMCHI? Yak, siapa yang gatau kimchi? Mbah-mbah jualan kacang yang sering lewat depan rumah aja tau. Tapi, kebanyakan orang kaga’ tau gimana cara buatnya. Eghm.. Ini sebenernya resep @Ryeong9 yang gua colong di kolornya, tapi biarlah. Mungkin justru itulah resep kimchi ini bakal lebih manjur dari sebelumnya. So, gak usah panik kalo kompor bakal mledug!
Bahan-bahannyo..
1 buah sawi putih (Gue gak peduli lu bisa nemuin sawi coklat atopun sawi reinbow, yang dipake tetep sawi putih)
1/2 buah bawang bombay, iris tipis (Iris tipis, setipis mungkin, kalo bisa 0.05mm)
1/4 btg wortel, iris tipis memanjang (Gak bisa panjang? Sambung-sambungin aja)
1/4 btg lobak putih, iris tipis (Lobak putih, bukan rainbow!)
4 btg daun bawang (inget, daunnya!)
2 sdm bawang putih, parut (WARNING! bawang putih masih mahal)
1 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe Korea (kalo gak ketemu, pake sambal bubuk B*NCabe aja)
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut (Garam empang juga boleh)
1 gelas air cup water
1/4 gelas saus ikan Korea (Gak ketemu? Usaha dulu)
1/3 gelas air
1 sdm tepung (tepung biasa, gak usah yang khusus crispy-crispy.an) 

 

Cara memasak (mau digoreng gapapa, direbus, dipanggang, tapi gue gak jamin ama kompor lu pada) :

1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.

2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.(Mau makan susah amat ya?)

3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduk rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.

4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).

5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.

6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari. (Nah, kalo judulnya guegakmakan3minggudanhanyabisamembuatkimchipadahalkatadoktersayahanyaakanbertahan2jamlagibagaimanasayabisamakan gimana coba?)

7. Hidangkan dengan nasi, kebab, roti, daun pisang, daun jati, apa aja.

 

Gimana? Masak kimchi itu gampaang-gampang susah ato susah-susah gampang? Banyak ini itu nya ato itu ini nya? Yah, mungkin kalo diliat gampang lah, cuma iris-iris goreng-goreng(?), tapi coba lu bikin! Pasti…………..gatau deh! Pokoknya, setelah ini, lu lu pada must be coba masak kimchi, oke? Siapa tau suami lu besok sukanya makan kimchi (doang). Ya kaga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s